Jumat, 19 Juni 2015

Jalan Braga

Jika mengunjungi kota Bandung, nama Jalan ini sangat akrab di telinga, karena memang menjadi salah satu jalan utama yang cukup dikenal sejak masa pemerintahan Belanda. Nama jalan ini masih dipertahankan sebagai salah satu obyek wisata kota Bandung.

Tempat ini berkonsep One Stop Holiday di pusat kota Bandung, karena merupakan pusat keramaian dan bisnis utama di kota ini. Jalan ini sudah terkenal sebagai jalan protokoler , sebagai terusan jalan utama dari arah Gedung konfrensi Asia Afrika. Di sisi kanan kiri sepanjang Jalan Braga Bandung terdapat banyak kompleks pertokoan yang memiliki arsitektur dan tata kota yang mempertahankan ciri arsitektur lama pada masa Hindia Belanda.

Tata kota tersebut mengikuti model yang ada di Eropa sesuai dengan perkembangan kota Bandung pada masa itu (1920-1940-an) sebagai kota mode yang cukup termasyhur seperti kota Paris. Awalnya jalan ini adalah jalan ecil yang cukup rawan penculikan karena sangat sepi. Namun karena banyak usahawan-usahawan yang bekebangsaan belanda mendirikan toko-toko, bar, dan tempat hiburan di kawasan ini serta sekarang sudah ada toko-toko pakaian dan butik maka jalan ini berubah menjadi salah satu jalan utama di Bandung.


Meskipun kini dan dulu jalan ini mengalami banyak sekali perubahan namun tetaplah jalan yang sama. Yang membedakan cuma instruktur bangunan serta kehidupan masyarakat sekarang berada di zaman modern, dan yang masih sama adalah suasana tempat sejarah yang selalu melekat dengan tempat ini.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar