Senin, 22 Juni 2015

Benteng Rotterdam

Benteng ini menjadi salah satu benteng yang masih di jaga dan di rawat oleh pemerintah dan bahkan di jadikan salah satu tempat yang wajib di kunjungi saat berada di Makassar.

Ada yang mengatakan bahwa benteng ini didirikan oleh Raja Gowa ke 10 pada tahun 1546. Beberapa sumber menyebutkan bahwa pada hari bertepatan dengan 9 agustus 1643 atas perintah Sultan Awaluddin. Pada masa Jepang Benteng ini berfungsi sebagai pusat penelitian ilmiah utamanya bahasa dan penelitian Budaya.

Saya mengunjungi benteng ini pada malam hari, sambil menikmati angina malam dan memanjakan lidah dengan salah satu makanan khas kota Makassar yang biasa di sebut dengan pisang eppe, pisang yang di bakar dan di campur dengan gula merah serta keju atau kacang sesuai dengan lidah masing-masing.

Benteng ini terletak di pinggir pantai Kota Makassar , bersebrangan dengan pelabuhan. Kurang lebih 500 meter kearah selatan terdapat pantai Losari dan pantai Akkarena. Saat malam hari sekitar benteng ini banyak para pedagang kaki lima yang berjualan. Kita bisa menikmati malam dengan angina segar dan udara dengan sedikit polusi.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar