Sabtu, 11 April 2015

Tugas Jurnalistik Online


TRIBUNNEWS.COM
KOMPAS.COM
METROTVNEWS.COM
Content
situs berita online ini telah mengikuti aturan penulisan untuk web. Ringkas, 1 paragraf hanya terdiri dari 2-3 kalimat. 1 berita terdiri dari 100-200 kata.
Telah mengikuti aturan penulisan untuk WEB. Ringkas namun memiliki gaya bahasa yang ilmiah karena mempunyai segmen pasar kalangan menengah keatas.
Telah mengikuti aturan penulisan untuk WEB. Ringkas namun memiliki gaya bahasa yang ilmiah karena mempunyai segmen pasar kalangan menengah keatas
Funcionality
Namanya mudah diingat, dan gampang di akses. namun belum memilik aplikasi untuk gadget. Tersedia berita-berita lokal juga.
Sangat gampang untuk diingat namaya dan mudah di cari. Sudah menyediakan aplikasi khusus gadget.
Sangat gampang untuk diingat namanya dan mudah di cari. Sudah menyediakan aplikasi untuk mobile phone
Navigation
Cukup mudah ketika mencari berita, karena sudah ada kategorinya masing-masing. Dan sudah ada kolom search
Untuk pencarian informasi sangat mendetail namun banyak iklan yang terselip
Tidak seluruh rubric tampil pada halaman utamanya.
Audio/Video Quality
Belum cukup baik pengambilan foto, audio, atau video , terutama foto masih banyak yang blur.
memiliki fitur audio visual yang baik dan sudah bisa live streaming ke kompastv.
memiliki fitur audio visual yang baik dan sudah bisa live streaming ke Metro tv.
Interactivity
Di sediakan forum bagi pembaca, namun pembaca tidak terlalu aktif, dan di kolom komentar hanya sedikit pembaca yang mengomentari berita.
Memberikan ruang bagi pembaca untuk memberikan opini pada berita yang disajikan, juga memilik kolom forum tempat pembaca mengkritisi berita yang sedang hangat serta tempat untuk berinteraksi dengan pembaca yang lain
Memberikan ruang bagi pembaca untuk memberikan opini pada berita yang disajikan, namun tidak memiliki kolom forum tempat pembaca mengkritisi berita. Seperti pada Kompas dan detik.

1.     persamaan :
·      ketiga situs berita online dan portal berita ini telah mengikuti aturan penulisan untuk web.
·      Relative mudah untuk di akses, sama-sama menyediakan aplikasi khusus smartphone dan aplikasi mobile.
·      Sama-sama menyediakan berbagai link untuk berbagai klasifikasi berita pada kriteria Navigation.
·      Sama-sama menyuguhkan informasi dalam bentuk audio-visual melalui video.
·      Sama-sama memiliki ruang bagi pembaca untuk memberikan opini pada berita yang disajikan.

2.     Perbedaan
·      Saat memberitakan suatu artikel yang terkait dengan pemilik web tersebut. Jika TRIBUNNEWS.COM memberitakan Hary Tanoe sesuai porsinya, sedangkan METROTVNEWS.COM memberitakan Hary Tanoe “apa adanya” karena ada keterkaitan sebelumnya dengan pemilik. METROTVNEWS.COM. lain halnya dengan KOMPAS.COM yang lebih menggunakan bahasa ilmiah dalam penjelasannya sehingga tidak seluruh lapisan masyarakat dapat memahaminya.
·      Untuk ukuran panjang berita, TRIBUNNEWS.COM memiliki jumlah kalimat yang lebih ringkas dibandingkan METROTVNEWS.COM dan KOMPAS.COM. 
·      Rubrikasi yang mendetail terdapat pada KOMPAS.COM dan TRIBUNNEWS.COM , namun sayangnya banyak iklan yang terselip di dalam KOMPAS.COM. Sedangkan, pada METROTVNEWS.COM, tidak seluruh rubric tampil pada halaman utama.
KOMPAS.COM memiliki kolom forum untuk pembaca, dan TRIBUNNEWS.COM dan METROTVNEWS.COM tidak.

Ketiga portal berita diatas, sudah memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing, tinggal bagaimana pembaca memilih portal berita online favoritenya. Adapaun masukkan tidaklah banyak melainkan hanya penambahan atau pengurangan sedikit saja.

KOMPAS.COM
Tampilan iklan perlu untuk di kurangi. Dan juga bahasa yang di gunakan tidak harus ilmiah dan sulit di mengerti meskipun segmentasi masyaraktnya untuk kalangan pendidikan tinggi.

TRIBUNNEWS.COM
Sudah baik tampilannya namun belum tersedia aplikasi untuk mobile phone. Dan audio-visualnya juga belum banyak yang memiliki kualitas HD.

METROTVNEWS.COM
Mungkin bisa di tambah konten forum dan blog seperti pada jurnalistik online lainnya.  Dan bisa ditambah lagi jumlah rubriknya.































Tidak ada komentar:

Posting Komentar