Kamis, 16 April 2015

Tugas UTS Jurnalistik Online

1.    Pada abad ini disebut dengan the end of fortress journalism ,  jika pada masa lalu wartawan bekerja dalam kekangan perusahaan tempat ia bekerja. Dibatasi oleh media yang membawahi , dan mencari berita hanya untuk bidangnya masing-masing dimana jurnalis mengalami pembentengan dalam hal penyajian berita yang dia liput. Rasa keterikatan yang sangat melekat membuat jurnalis merasa memiliki tanggung jawab atas perusahaan tempat ia bekerja, sehingga masing-masing jurnalis melindunginya dengan menjatuhkan perusahaan media lain. Sekarang ini dengan kemajuan teknologi dan perkembangan media yang sangat pesat, jurnalis sudah bisa bebas mencari berita tanpa adanya tuntutan perusahaan media, semua jurnalis bisa bergerak di segala bidang khususnya internet. Internet salah satu yang bisa meruntuhkan pola pikir benteng ini. Di era sekarang jurnalis mencari berita dengan topic yang di tentukan oleh masyarakat dengan banyaknya hal yang di bicarakan dan dengan internet semuanya menjadi mudah, akses liputan yang semakin cepat, dan penyebaran berita yang sudah tidak ada batasan mampu meruntuhkan pola pikir benteng.

2.    Internet salah satu hal yang menyebabkan adanya konvergensi media dari jenis-jenis media yang sudah ada. Perkembangan teknologi media yang cepat dengan kemampuan konvergensinya, perlahan tapi pasti berdampak pada system kerja media massa, terutama pada praktik jurnalistik. Menurut August. E. Grant dalam pengantar bukunya yang berjudul Understanding Media Convergence ; The State of the Field (2009), konvergensi sangat erat kaitannya dengan bidang jurnalisme. Grant menghubungkannya dengan perubahan (change).  Perubahan inilah yang menuntut sebuah media untuk selalu berinovasi, selain dituntut untuk menyajikan berita yang lebih cepat, jurnalis juga dituntut untuk menghadirkan berita yang sesuai dengan kebutuhan masyarakat dengan itu berarti seorang jurnalis harus bekerja lebih keras lagi. Internet adalah salah satu perkembangan teknologi yang merubah ruang berita. Ia mampu memungkinkan informasi di dapat dan di sebar luaskan secara cepat. Akhirnya, kolaborasi antara media konvensional dengan media baru mampu menghasilkan system kerja yang baru. Dengan keadaan seperti itu, seorang jurnalis harus memiliki kemampuan yang cukup di bidang teknologi, karena di era seperti sekarang ini semua orang bisa menjadi jurnalis lewat tulisan-tulisan mereka di media online.

3.  Trending Topic akan menolong seorang jurnalis dalam menentukan sebuah tema berita yang akan di tulisnya. Berbagai isu hangat yang berasal dari warga mampu menaikan sebuah nilai berita, dimana warga yang mempunyai rasa keingintahuan yang tinggi akan selalu mencari dan mencari jawaban atas sebuah permasalahan. Apabila sebuah media mampu memuaskan pembacanya dengan berita-berita yang di harapkan oleh warga, tentu akan menjadi kesuksesan tersendiri oleh media tersebut. Dimana saat ini media online adalah salah satu media penentu yang paling banyak di konsumsi, maka seorang jurnalis harus peka terhadap isu-isu yang berkembang lewat trending topic dan sadar untuk mencari berita up to date sehinga tidak ketinggalan jaman.


4.   Citizen journalism sekarang sudah mempunyai posisi khusus dalam pemberitaan di media massa. Hampir semua media mempunyai jurnalisme warganya masing-masing. Ini tidak mengherankan apabila dikaitkan dengan inovasi-inovasi baru yang terjadi di media tidak lain di sebabkan oleh adanya sebuah konvergensi media. medium is the message (medium adalah pesan itu sendiri), berangkat dari istilah tersebut sebuah media masih menjadi favorite bergantung dari warga. Semua hal yang di bicarakan oleh warga akan menjadi sebuah trending topic yang menjadikan seorang jurnalis menentukan sebuah tema berita dari isu hangat yang sedang di perbincangkan oleh warga, sehingga membuat warga menduduki kapasitasnya sebagai yang menentukan sebuah agenda pemberitaan , yang mempengaruhi kebijakan dan yang menyuarakan aspirasi. Apapun yang di bahas oleh warga menjadi penentu kesuksesan sebuah media dalam mencapai sebuah nilai berita.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar